Mendidik Anak Untuk Beribadah Umroh - pahala umroh 7 kali



Seorang putra merupakan tumpangan dari Allah swt dan sekalian ibu bapak memiliki tanggung jawab untuk membela|memelihara|mengasuh|mengurus|menjaga|menyelenggarakan} dan mendidik putra mulai ketika dari lahir mencapai mereka dewasa. Cara membela segenap ayah bunda pun berbeza dari satu dan yang lainya. Tapi memiliki putra yang soleh, cerdas dan juga sehat adalah dambaan semua ibu bapak.

Kesalehan yang ibu bapak harapkan tentu saja tidak lepas dari cara gimana ibu bapak mendidik anak sejak dini. Sebagai ibu bapak, mengenalkan dan mengarahkan ibadah kepada putra sebaiknya dikerjakan dengan pengkondisian yang sifatnya positif dan mengasikkan. Shalat, puasa, ifak, bahkan umroh harus mulai dikenalkan mulai usia dini. Biasanya, di usia tiga tahun seorang putra berada di tahap memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. awal melihat hal-hal baru, putra pasti menanyakannya. seandainya diajarkan sesuatu, otaknya mudah mencerna. Di sinilah kesempatan para orang tua untuk memperkenalkan umroh kepada anak.

Cara yang sangat sesuai untuk mengenalkan ibadah kepada anak adalah dengan memberi contoh langsung. For example, awal ingin mengajari anak Ibadah salat, maka ayah bunda diharapkan kuasa salat di posisi yang terlihat oleh bocah, atau bisa juga mengajak bocah untuk bersama-sama salat berjamaah di musholla. apabila ayah atau ibu membaca Al-Quran sebaiknya dilakukan di dekat putra, agar bocah terbiasa dengan bacaan ayat suci Al-Quran dan masih sangat banyak hal-hal kecil lainnya yang bisa dilakukan.

umroh dan haji adalah salah satu ibadah yang juga penting untuk dikenalkan pada anak. Si kecil paling tidak mulai mengenal Tanah Suci yang menjadi kiblatnya umat islam pada Ibadah shalat, pengorbanan Nabi Ismail AS ketika ingin disembelih oleh Nabi Ibrahim AS, mengembolnya air zam-zam di {telapak kaki|telapak|kaki] Nabi Ismail AS dan lain sebagainya. Hal-hal itu bisa diajarkan melalui banyak media seperti dongeng, gambar, video, bahkan yang paling afdhal merupakan dengan mengajak bocah untuk kuasa berkunjung langsung ke Baitullah untuk ibadah umroh. Menanamkan motivasi untuk menunaikan ibadah haji dan ibadah umroh pada si kecil dipercaya mampu membentuk karakternya menjadi manusia yang rajin beribadah dan suatu saat nanti akan taat pada agamanya walaupun menurut kesepakatan ulama tidak ada kefardhuan untuk mengamalkan ibadah umrah bagi bocah yang belum akil baligh.

Dengan mengajak anak umrah bersama bisa menjadi proses belajar bersama antara ayah bunda dan putra. bocah tentu akan belajar banyak dan mengantongi berbagai pengalaman berharga selama perjalanan ke Tanah Suci mulai ketika dari proses bonding antar anggota keluarga, beradaptasi bersama orang baru, berdamai dengan tantangan perjalanan, latihan kesabaran, dsb.

Selain itu, putri juga langsung bisa meninjau sejarah peradaban islam. si kecil sanggup mempertimbangkan ketangguhan Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS. Ketangguhan Siti Hajar berlari-lari mencari air untuk putranya Ismail kecil. Juga Kehebatan Nabi Muhammad SAW dan para sahabat berjuang untuk menegakkan syariat islam. Pengorbanan dan Kehebatan para Nabi dan sahabatnya menjadi teladan yang baik bagi putra.

Yang penting untuk diingat juga merupakan, banyak ayah bunda yang menunda membawa bocah ke Baitullah dengan alasan takut sibuk dan menganggap putra juga belum mengerti apa-apa. Tapi pernahkah terlintas pemikiran bahwa umur itu tidak ada yang tahu. Bisa saja besok, atau bahkan hari ini Anda bisa saja dipanggil oleh Rabbul Alamain. Selama masih diberi kesempatan serta rezeki yang berlebih, tidak ada salahnya untuk mengajak anak untuk umrah bersama Anda. Jika terus ditunda, apakah ada jaminan bahwa Anda masih diberi umur serta kesempatan yang sama untuk mengajak si kecil umrah?



Referensi:

Biro Travel Umroh dan Haji di Kabupaten Solok

https://www.muslimaid.org/what-we-do/religious-dues/qurbani/what-is-umrah/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mendidik Anak Untuk Beribadah Umroh - umroh yang maqbul

Mendidik Anak Untuk Beribadah Umroh - primolut n umroh

Mendidik Anak Untuk Beribadah Umroh - travel umroh resmi yogyakarta