Mendidik Anak Untuk Beribadah Umroh - umroh bni



Seorang anak adalah wasiat dari Tuhan SWT dan semua ayah bunda mempunyai keharusan buat membela|memelihara|mengasuh|mengurus|menjaga|menyelenggarakan} dan mendidik putri sejak dari lahir mencapai mereka dewasa. Cara menyelenggarakan setiap ayah bunda pun berlainan dari satu dan yang lainya. Tapi memiliki putri yang solehah, pandai dan juga sehat adalah dambaan semua orang tua.

Kesholehan yang ayah bunda dambakan tentu saja tidak lepas dari cara bagaimana ayah bunda mendidik anak sejak dini. Sebagai ibu bapak, memperkenalkan dan mengajarkan ibadah kepada bocah sebaiknya dilakukan dengan pengkondisian yang sifatnya positif dan mengasikkan. salat, puasa, wakaf, bahkan umrah harus mulai dikenalkan mulai ketika usia dini. Biasanya, di umur III tahun seorang putra berada di tahap ada rasa ingin tahu yang tinggi. pada melihat hal-hal baru, dia pasti menanyakannya. seumpama diajarkan sesuatu, otaknya mudah mencerna. Di sinilah kesempatan para ibu bapak untuk mengenalkan ibadah umroh kepada bocah.

Cara yang paling pas untuk mengenalkan ibadah kepada anak adalah dengan memberi contoh langsung. Contohnya, awal ingin mengajari putri salat, maka ayah bunda diharapkan sanggup Ibadah salat di tempat yang terlihat oleh putra, atau bisa juga mengajak putra untuk bersama-sama Ibadah salat berjamaah di masjid. seandainya ibu bapak membaca Al-Quran sebaiknya dilaksanakan di dekat anak, agar bocah terbiasa dengan bacaan ayat suci Al-Quran dan masih banyak hal-hal kecil lainnya yang bisa dilaksanakan.

umroh dan haji merupakan salah satu ibadah yang juga tidak luput untuk dikenalkan pada bocah. Si kecil setidaknya mulai mengenal Kabah yang menjadi kiblatnya umat islam ketika Ibadah salat, pengorbanan
Rasul Ismail AS ketika ingin disembelih oleh Nabi Ibrahim AS, tampilnya air zam-zam di {telapak kaki|telapak|kaki] Nabi Ismail AS dan lain sebagainya. Hal-hal itu kuasa diajarkan melalui banyak media seperti cerita, gambar, video, bahkan yang paling utama merupakan dengan mengajak putra untuk bisa berkunjung langsung ke Baitullah untuk umrah. Menanamkan motivasi guna menunaikan ibadah haji dan umrah pada bocah dipercaya mampu membentuk kualitas menjadi manusia yang rajin beribadah dan kelak akan mencintai agamanya meskipun menurut kesepakatan para ulama tidak ada kefardhuan untuk mengerjakan ibadah umrah bagi putra yang belum akil baligh.

Dengan mengajak putra umrah bersama sanggup menjadi proses belajar bersama antara orang tua dan bocah. bocah tentu akan belajar sangat banyak dan memperoleh berbagai pengalaman berharga selama perjalanan ke Tanah Suci mulai ketika dari proses mengobrol antar anggota keluarga, interaksi bersama orang baru, berdamai dengan tantangan perjalanan, latihan kesabaran, dan lain sebagainya.

Disamping itu, anak juga secara tidak langsung bisa meneliti sejarah peradaban islam. bocah bisa mengusut ketangguhan Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS. Keuletan Siti Hajar berlari-lari mencari sumber air untuk putranya Ismail kecil. Juga Ketangguhan Nabi Muhammad SAW dan para sahabat berjuang untuk menegakkan kalimat tauhid. Pengorbanan dan Kehebatan para Nabi dan sahabatnya menjadi teladan yang baik bagi anak.

Yang paling penting untuk diingat juga merupakan, banyak ibu bapak yang menunda membawa anak ke Baitullah dengan alasan takut ribet dan menganggap putra juga belum mengerti apa-apa. Tapi pernahkah terlintas dalam sanubari Anda bahwa usia itu tidak ada yang tahu. Bisa saja besok, atau bahkan hari ini Anda bisa saja dipanggil oleh Yang Maha Kuasa. Selama masih diberi kesempatan serta harta yang berlebih, tidak ada salahnya untuk mengajak anak untuk ibadah umroh bersama Anda. Jika terus ditunda, apakah ada jaminan bahwa Anda masih diberi umur serta kesempatan yang sama untuk mengajak bocah ibadah umrah?



Referensi:

Biro Travel Umroh dan Haji di Kabupaten Solok

https://www.muslimaid.org/what-we-do/religious-dues/qurbani/what-is-umrah/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mendidik Anak Untuk Beribadah Umroh - umroh yang maqbul

Mendidik Anak Untuk Beribadah Umroh - primolut n umroh

Mendidik Anak Untuk Beribadah Umroh - travel umroh resmi yogyakarta