Mendidik Anak Untuk Beribadah Umroh - lumrah dalam cinta banyak dugaannya



Seorang bocah merupakan tumpangan dari Pencipta Alam Semesta dan setiap ayah bunda memiliki pikulan buat membela|memelihara|mengasuh|mengurus|menjaga|menyelenggarakan} dan mendidik putra mulai ketika saat lahir sampai mereka dewasa. Cara menjaga sekalian orang tua pun berbeda dari satu dan yang lainya. Tapi memiliki anak yang salehah, intelek dan juga sehat merupakan dambaan semua ibu bapak.

Kesholehan yang orang tua inginkan tentu tidak lepas dari cara bagaimana kita mendidik putra sejak dini. Sebagai ayah bunda, memperkenalkan dan mengajarkan ibadah kepada putra sebaiknya dikerjakan dengan keadaan yang sifatnya positif dan mengasyikkan. Shalat, puasa, ifak, bahkan umroh harus mulai diperkenalkan sejak usia dini. Biasanya, di umur 3 tahun seorang anak berada di tahap memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. ketika melihat hal-hal baru, dia pasti menanyakannya. misalnya diajarkan sesuatu, otaknya mudah mencerna. Di sinilah kesempatan para orang tua untuk memperkenalkan umrah kepada putri.

Cara yang paling pas untuk memperkenalkan ibadah kepada bocah adalah dengan memberi contoh langsung. For example, semenjak ingin mengajari putra salat, maka ayah bunda diharapkan bisa Shalat di tempat yang terlihat oleh anak, atau bisa juga mengajak bocah untuk bersama-sama Ibadah salat berjamaah di musalla. bila ibu bapak membaca Al-Quran sebaiknya dikerjakan di dekat putra, agar putri terbiasa dengan bacaan ayat suci Al-Quran dan masih sangat banyak hal-hal kecil lainnya yang bisa dilakukan.

ibadah umrah dan haji merupakan salah satu ibadah yang juga perlu untuk diperkenalkan pada putri. Si kecil sedikitnya mulai mengenal Kabah yang menjadi kiblatnya umat islam ketika Shalat, pengorbanan Nabi Ismail AS semenjak akan disembelih oleh Nabi Ibrahim AS, menjedulnya air zam-zam di {telapak kaki|telapak|kaki] Nabi Ismail AS dan lain sebagainya. Hal-hal itu dapat diajarkan melalui banyak media seperti cerita, gambar, video, bahkan yang paling utama adalah dengan mengajak putri untuk sanggup berkunjung langsung ke Baitullah untuk ibadah umrah. Menanamkan motivasi guna menunaikan ibadah haji dan ibadah umroh pada anak dipercaya mampu membentuk kualitas menjadi insan yang rajin beribadah dan suatu saat nanti akan cinta pada agamanya kendatipun menurut kesepakatan para ulama tidak ada kefardhuan untuk memenuhi ibadah umrah bagi putri yang belum akil baligh.

Dengan mengajak bocah umrah bersama sanggup menjadi proses belajar bersama antara orang tua dan putri. putra tentu akan belajar banyak dan mengantongi berbagai pengalaman berharga selama perjalanan ke Tanah Suci sejak dari proses bonding antar anggota keluarga, komunikasi bersama orang baru, berdamai dengan tantangan perjalanan, latihan kesabaran, dsb.

Disamping itu, bocah juga secara tidak langsung bisa mengamati sejarah peradaban islam. putra kuasa menginvestigasi ketangguhan Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS. Ketabahan Siti Hajar berlari-lari mencari sumber air untuk putranya Ismail kecil. Juga Kemandirian Nabi Muhammad SAW dan para sahabat berjuang untuk menegakkan bendera islam. Pengorbanan dan Ketabahan para Nabi dan sahabatnya menjadi teladan yang baik bagi anak.

Yang perlu untuk diingat juga merupakan, banyak orang tua yang menunda membawa anak ke Baitullah dengan alasan takut repot dan menganggap putri juga belum mengerti apa-apa. Tapi pernahkah terlintas dalam pikiran Anda bahwa ajal itu tidak ada yang tahu. Bisa saja besok, atau bahkan hari ini Anda bisa saja dipanggil oleh Allah Subhanahu Wataala. Selama masih diberi kesempatan serta rezki yang berlebih, tidak ada salahnya untuk mengajak putra untuk umrah bersama Anda. Jika terus ditunda, apakah ada jaminan bahwa Anda masih diberi umur serta kesempatan yang sama untuk mengajak putra ibadah umrah?



Referensi:

Biro Travel Umroh dan Haji di Kota Padangpanjang

https://www.slideshare.net/hafizamir/what-is-umrah

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mendidik Anak Untuk Beribadah Umroh - umroh yang maqbul

Mendidik Anak Untuk Beribadah Umroh - primolut n umroh

Mendidik Anak Untuk Beribadah Umroh - travel umroh resmi yogyakarta