Mendidik Anak Untuk Beribadah Umroh - paket umroh 4 orang



Seorang bocah merupakan titipan dari Allah Subhanahu Wataala dan seluruh orang tua ada pekerjaan untuk membela|memelihara|mengasuh|mengurus|menjaga|menyelenggarakan} dan mendidik putra sejak saat lahir mencapai mereka dewasa. Cara membela segenap ibu bapak pun berbeda dari satu dan yang lainya. Tapi memiliki bocah yang sholehah, cerdik dan juga sehat adalah dambaan semua ayah bunda.

Kesholehan yang ibu bapak harapkan tentu tidak lepas dari cara gimana kita mendidik putri sejak dini. Sebagai ayah bunda, mengenalkan dan mengarahkan ibadah kepada anak sebaiknya dikerjakan dengan kondisi yang sifatnya positif dan mengasikkan. salat, puasa, sedekah, bahkan umroh harus mulai ditampakkan mulai ketika usia dini. Biasanya, di usia tiga tahun seorang putri berada di tahap mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi. pada melihat hal-hal baru, putra pasti menanyakannya. bila diajarkan sesuatu, otaknya mudah mencerna. Di sinilah kesempatan para orang tua untuk memperkenalkan umroh kepada bocah.

Cara yang sangat tepat untuk mengenalkan ibadah kepada bocah merupakan dengan memberi contoh langsung. Contohnya, ketika ingin mengajari putri Ibadah salat, maka ayah bunda diharapkan sanggup Ibadah salat di tempat yang terlihat oleh putri, atau juga bisa mengajak anak untuk bersama-sama Shalat berjamaah di musholla. andaikata ayah bunda membaca Al-Quran sebaiknya dilakukan di dekat putri, agar bocah terbiasa dengan bacaan ayat suci Al-Quran dan masih sangat banyak hal-hal kecil lainnya yang bisa dilakukan.

ibadah umroh dan haji adalah salah satu ibadah yang juga perlu untuk diperkenalkan pada putra. Si kecil paling tidak mulai mengenal Ka'bah yang menjadi kiblatnya umat islam semenjak salat, pengorbanan
Rasul Ismail AS pada ingin disembelih oleh Nabi Ibrahim AS, datangnya air zam-zam di {telapak kaki|telapak|kaki] Nabi Ismail AS dan lain sebagainya. Hal-hal tersebut sanggup diajarkan melalui banyak media seperti cerita, gambar, video, bahkan yang paling afdhal merupakan dengan mengajak bocah untuk dapat berkunjung langsung ke Baitullah untuk ibadah umroh. Menanamkan motivasi guna menunaikan ibadah haji dan umrah pada putri dipercaya mampu membentuk kualitas menjadi insan yang bertaqwa dan kelak akan taat pada agamanya walaupun menurut kesepakatan ulama tidak ada kefardhuan untuk mengerjakan umrah bagi anak yang belum akil baligh.

Dengan mengajak bocah umrah bersama bisa menjadi proses belajar bersama antara orang tua dan putri. putri tentu akan belajar sangat banyak dan menerima berbagai pengalaman berharga selama perjalanan ke Mekkah sejak dari proses berbincang antar anggota keluarga, komunikasi bersama orang baru, berdamai dengan tantangan perjalanan, latihan kesabaran, dsb.

Selain itu, bocah juga secara tidak langsung bisa mengusut sejarah peradaban islam. bocah bisa menganalisis ketangguhan Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS. Ketabahan Siti Hajar berlari-lari mencari air untuk putranya Ismail kecil. Juga Ketabahan Nabi Muhammad SAW dan para sahabat berjuang untuk menegakkan syariat islam. Pengorbanan dan Keuletan para Nabi dan sahabatnya menjadi teladan yang baik bagi putra.

Yang paling penting untuk diingat juga merupakan, banyak ibu bapak yang menunda membawa putra ke Baitullah dengan alasan takut ribet dan menganggap putra juga belum mengerti apa-apa. Tapi pernahkah terlintas dalam sanubari Anda bahwa usia itu tidak ada yang tahu. Bisa saja besok, atau bahkan hari ini Anda bisa saja dipanggil oleh Tuhan SWT. Selama masih diberi kesempatan serta harta yang berlebih, tidak ada salahnya untuk mengajak bocah untuk ibadah umroh bersama Anda. Jika terus ditunda, apakah ada jaminan bahwa Anda masih diberi umur serta kesempatan yang sama untuk mengajak si kecil ibadah umrah?



Referensi:

Biro Travel Umroh dan Haji di Kabupaten Solok

https://www.muslimaid.org/what-we-do/religious-dues/qurbani/what-is-umrah/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mendidik Anak Untuk Beribadah Umroh - umroh yang maqbul

Mendidik Anak Untuk Beribadah Umroh - primolut n umroh

Mendidik Anak Untuk Beribadah Umroh - travel umroh resmi yogyakarta