Mendidik Anak Untuk Beribadah Umroh - umrah bermasalah



Seorang anak merupakan titipan dari Allah Subhanahu Wataala dan setiap ibu bapak ada komitmen buat membela|memelihara|mengasuh|mengurus|menjaga|menyelenggarakan} dan mendidik anak mulai dari lahir sampai mereka dewasa. Cara mengasuh seluruh ibu bapak pun berbeda dari satu dan yang lainya. Tapi memiliki anak yang sholehah, cerdas dan juga sehat merupakan dambaan semua ibu bapak.

Kesholehan yang orang tua dambakan tentu tidak lepas dari cara gimana kita mendidik bocah sejak dini. Sebagai orang tua, memperkenalkan dan membiasakan ibadah kepada bocah sebaiknya dilaksanakan dengan keadaan yang sifatnya positif dan mengasyikkan. Ibadah salat, puasa, ifak, bahkan umroh harus mulai ditampakkan sejak usia dini. Biasanya, di memasuki tiga tahun seorang bocah berada di tahap memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. pada melihat hal-hal baru, anak pasti menanyakannya. andaikan diajarkan sesuatu, otaknya mudah mencerna. Di sinilah kesempatan para ayah bunda untuk mengenalkan ibadah umroh kepada anak.

Cara yang sangat pas untuk mengenalkan ibadah kepada putra adalah dengan memberi contoh langsung. Contohnya, ketika ingin mengajari anak salat, maka ibu bapak diharapkan dapat Ibadah salat di situasi yang terlihat oleh anak, atau bisa juga mengajak putra untuk bersama-sama Shalat berjamaah di mesjid. asalkan ibu bapak membaca Al-Quran sebaiknya dilaksanakan di dekat putra, agar anak terbiasa dengan lantunan ayat suci Al-Quran dan masih sangat banyak hal-hal kecil lainnya yang bisa dikerjakan.

umrah dan haji adalah salah satu ibadah yang juga tidak luput untuk dikenalkan pada putri. Si kecil sedikitnya mulai mengenal Tanah Suci yang menjadi kiblatnya umat islam awal Shalat, pengorbanan
Rasul Ismail AS semenjak ingin disembelih oleh Nabi Ibrahim AS, munculnya air zam-zam di {telapak kaki|telapak|kaki] Nabi Ismail AS dan lain sebagainya. Hal-hal tersebut dapat diajarkan melalui banyak media seperti cerita, gambar, video, bahkan yang paling afdhal merupakan dengan mengajak putri untuk bisa berkunjung langsung ke Baitullah untuk ibadah umrah. Menanamkan motivasi guna menunaikan ibadah haji dan umrah pada bocah dipercaya mampu membentuk karakternya menjadi insan yang rajin beribadah dan suatu saat nanti akan taat pada agamanya meskipun menurut kesepakatan ulama tidak ada kewajiban untuk melakukan umrah bagi anak yang belum akil baligh.

Dengan mengajak anak ibadah umrah bersama kuasa menjadi proses belajar bersama antara orang tua dan putri. putri tentu akan belajar banyak dan menerima berbagai pengalaman berharga selama perjalanan ke Tanah Suci mulai dari proses taya-jawab antar anggota keluarga, berbicara bersama orang baru, berdamai dengan tantangan perjalanan, latihan kesabaran, dan lain sebagainya.

Selain itu, anak juga langsung bisa menjajaki sejarah peradaban islam. si kecil dapat menyelidiki ketangguhan Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS. Kesabaran Siti Hajar berlari-lari mencari air untuk putranya Ismail kecil. Juga Kesabaran Nabi Muhammad SAW dan para sahabat berjuang untuk menegakkan syariat islam. Pengorbanan dan Keuletan para Nabi dan sahabatnya menjadi teladan yang baik bagi bocah.

Yang penting untuk diingat juga adalah, banyak ayah bunda yang menunda membawa buah hatinya ke Baitullah dengan alasan takut sibuk dan menganggap putra juga belum mengerti apa-apa. Tapi pernahkah terlintas pemikiran bahwa umur itu tidak ada yang tahu. Bisa saja besok, atau bahkan hari ini Anda bisa saja dipanggil oleh Allah Subhanahu Wataala. Selama masih diberi kesempatan serta harta yang berlebih, tidak ada salahnya untuk mengajak putra untuk ibadah umroh bersama Anda. Jika terus ditunda, apakah ada jaminan bahwa Anda masih diberi umur serta kesempatan yang sama untuk mengajak putri umroh?



Referensi:

Biro Travel Umroh dan Haji di Kota Pariaman

http://www.whatishaj.com/what-is-hajj/what-is-umrah

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mendidik Anak Untuk Beribadah Umroh - umroh yang maqbul

Mendidik Anak Untuk Beribadah Umroh - primolut n umroh

Mendidik Anak Untuk Beribadah Umroh - travel umroh resmi yogyakarta